Tuesday, 15 March 2016

[1DD01 ALERT!!!] Konsep Internet

Beberapa konsep internet yang perlu kalian tahu adalah...

Protokol
Agar komputer-komputer dalam suatu jaringan dapat berkomunikasi, maka dibutuhkan suatu protocol atau suatu aturan standar komunikasi baik antar komputer maupun antar jaringan komputer. Protokol adalah aturan-aturan dan perjanjian yang mengatur pertukaran informasi antar komputer melalui suatu medium jaringan. Protocol TCP/IP ini menjadi standar protocol yang digunakan pada jaringan Internet, karena TCP/IP dikembangkan untuk dpat diterapkan di hampir segala jenis platform komputer, biasa dikenal dengan konsep open system.
 
Router 
Router ini yang menghubungkan suatu jaringan dengan jaringan lain dan juga berfungsi untuk memisahkan paket informasi jaringan tersebut dengan jaringan lainnya. Jadi paket informasi yang tidak diatur untuk jaringan itu tidak akan mengganggu jaringan tersebut.

Metode Pengalamatan
Metode pengalamatan ini seperti yang saya jelaskan di kelas. Sama seperti alamat rumah yang unique (tidak ada yang sama), pengalamatan pada jaringan komputer juga harus berbeda dengan yang lain. Alamat pada jaringan komputer dikenal sebagai Internet Protocol Number (IP Number / IP Address) sebesar 32 bit dan direpresentasikan dalam bentuk desimal dibagi menjadi 4 bagian dipisah oleh titik. Contoh: 192.15.0.1



Host
Adalah suatu komputer yang terhubung dengan jaringan yang dalam hal ini adalah Internet. Komputer ini dapat memberikan fasilitas layanan kepada jaringan yang  terhubung kepadanya.

Domain
Tata cara penamaan suatu host yang dikenal dengan istilah Domain, yang digunakan untuk menentukan posisi hirarki host dari jaringan Internet ini. Dibawah nama domain dalam hirarki ini dimungkinkan adanya nama subdomain.

Identitas di Internet
Sesuai dengan tata cara penamaan domain di Internet, maka tata cara penamaan host di Internet sesuai dengan posisi pada hirarki domain dan sub-domain dari host tersebut.
Bentuk penamaan host di Internet adalah:
            host.subdomain.domain 

contoh: www.gunadarma.ac.id
www: nama host 
gunadarma: subdomain
ac: domain 
id: domain negara

Pengalamatan nama pemakai atau user pada host di Internet atau yang biasa disebut sebagai alamat E-Mail (Electronic Mail) adalah:
            nama@host.subdomain.domain
contoh:  malihayati.asmaya@gmail.com

Internet Service Provider
Untuk dapat terkoneksi dengan Internet kita perlu terhubung dengan host atau jaringan yang telah terkoneksi dengan jaringan Internet atau dengan kata lain kita perlu koneksi dengan Internet gateway.
Online Services atau yang dikenal dengan sebutan Internet Service Provider (ISP) adalah suatu perusahaan atau badan baik pemerintahan maupun swasta yang dapat memberikan fasilitas layan koneksi ke jaringan Internet bagi jaringan yang terhubung kepadanya.
ISP yang bersifat umum atau dapat memberikan layanan kepada masyarakat luas baik pribadi maupun lembaga yang ingin terkoneksi dengan jaringan Internet. ISP jenis ini bersifat komersial yaitu menjual jasa layanan koneksi dengan jaringann Internet.

Bandwith 
Dalam sistem komunikasi data komputer dikenal dengan istilah Bandwith atau kecepatan transmisi data, dalam satuan bit per detik. Semakin besar bandwith maka semakin cepat transmisi datanya.

Konfigurasi Koneksi
Untuk keperluan koneksi internet pada sebuah komputer pribadi, cukup dibutuhkan konfigurasi yang paling sederhana yaitu seperangkat komputer yang dihubungkan dengan saluran telepon melalui modem. Kemudian komputer disambungkan ke ISP melalui saluran telepon dengan cara dial up atau sama dengan menelepon ke ISP.

Server 
Pada suatu jaringan komputer yang terkoneksi dengan Internet dapat ditempatkan satu atau lebih komputer yang berfungsi sebagai server atau komupter yang dapat diakses baik dari jaringan tersebut maupun dari jaringan Internet. Ada berbagai jenis server yang dapat ditempatkan pada jaringan yang terkoneksi dengan Internet, diantaranya adalah:

- Domain Name Service (DNS) server
Komputer ini berfungsi sebagai identitas nama domain yang dimiliki oleh jaringan tersebut dan juga memelihara informasi data dari domain yang lain. Dengan kata lain DNS adalah sebuah database yang berisi daftar informasi host dimana DNS server bertugas untuk menterjemahkan IP ke nama alamat dan sebaliknya dari nama alamat ke nomor IP.

- Mail Server
Komputer ini bertindak sebagai ‘Kantor Pos’ bagi suatu jaringan. Fungsi kerjanya memang mirip dengan Kantor Pos yang melayani surat keluar dan surat masuk.

- File Transfer Protocol (FTP) Server
Komputer ini bertindak sebagai penampung file-file yang dapat diakses oleh jaringan. File-file tersebut dapat di transfer baik untuk disimpan pada file server dari jaringan (upload) ataupun diambil dari file server untuk ke komputer pada jaringan (download). File server ini juga dimungkinkan untuk dapat diakses dari jaringan Internet sehingga pemakai lain dari jaringan Internet dapat melakukan upload dan download dari tempat lain yang berbeda di jaringan Internet.

- Web Server
Informasi yang terdapat di Internet tidak lagi hanya berbentuk teks data tetapi dapat berbentuk informasi yang berupa grafis yang interaktif dengan pemakai. Hal ini dimungkinkan dengan adanya teknologi World Wide Web (WWW). Informasi www ini disimpan pada web server untuk dapat diakses dari jaringan Internet. Macam-macam server yang terdapat pada jaringan Internet ini seperti Transaction Server, gopher server, IRC server dll.

2 comments:

  1. blog yang sangat bagus, artikel kali ini sungguh sangat menarik, terimakasih atas infonya..
    salam

    ReplyDelete